The Real Pasuruan ^_^



Tahukah kalian kota manakah yang memiliki sebutan sebagai kota santri, bang kodir, dan kota kelahiran seorang artis terkenal yang bernama Inul Daratista?
Ya benar, kota yang dimaksud itu adalah kota Pasuruan, kota tempat tinggal saya. Walaupun kota Pasuruan bukan kota kelahiran saya, tetapi saya cukup bersyukur telah berdomisili disana. Kalian tahu mangapa?? Karena kota Pasuruan mempunyai banyak penduduk yang berdarah campuran, ada keturunan dari arab dan jawa, ada keturunan dari india dan jawa, ada keturunan dari Pakistan dan jawa, dan masih banyak keturunan yang lain. Maka tak asing lagi bila Kota Pasuruan disebut sebagai kota santri, khususnya di kota Bangil, karena kereligiusan dari orang-orang turunan arab juga ikut andil dalam bidang keagamaan di kota Pasuruan.
Tadi sempat saya singgung bila kota Pasuruan adalah kota tempat dimana artis terkenal yang selalu legendaris dengan kekhasan cengkoknya, yaitu Inul Daratista. Memang benar bahwa Inul adalah artis yang lahir dari kota Pasuruan, Desa Kejapanan tepatnya. Setiap tahunnya Desa Kejapanan selalu dimeriahkan dengan kedatangan Inul Daratista yang semata-mata hanya untuk merayakan ulang tahun anaknya. Begitu menyenangkan bukan?
Nah, menyinggung sedikit tentang Bang Kodir. Bang Kodir itu sama sekali bukan nama orang, melainkan singkatan dari Bangil Kota bordir. Bang Kodir juga menjadi salah satu icon dari Kota Pasuruan selain penduduk campurannya.
  


Di kota Pasuruan terdapat beragam makanan khas seperti bipang Jangkar, roti Matahari, dan keripik singkong. Makanan di kota Pasuruan banyak digemari orang. Makanan khas kota Pasuruan rasanya sangat identik dengan makanan tradisional seperti Nasi Rawon, sate Komo ( berbahan dasar daging sapi ), dan juga kupang Kraton khas kota Pasuruan.


0 komentar:

Posting Komentar